RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)                      
Satuan Pendidikan      : SMPN 1 MANDAU
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester         : VII/2
Alokasi Waktu            : 2 JP (2 x 40 Menit)
   A.  Kompetensi Inti ( KI )
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
KI-2 Menghargai dan Menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli   (toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 Memahami Pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah kongkrit ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat ) dan ranah abstak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
    B.     Kompetensi Dasar ( KD ) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
     
KI
KompetensiI Dasar ( KD )
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3
3.3  Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia.
Pertemuan 1:
3.3.1   Menjelaskan pengertian kegiatan distribusi.
3.3.2   Menjelaskan 3 tujuan distribusi.
3.3.3 Menjelaskan 3 cara melakukan kegiatan distribusi.
3.3.4   Memberikan 3 contoh pedagang perantara.

4.
4.3  Menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlang-sungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
Pertemuan 1:
4.3.1   Menyampaikan presentasi tentang kegiatan distribusisi dengan bahasa yang baik dan benar.
4.3.2   Membuat kliping tentang kegiatan distribusi.
   A.    Materi  Pembelajaran
            Bab III           : Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan.
Sub Bab         : Kegiatan Distribusi.
1.      Materi regular
a.      Pengertian distribusi.
.                       Kegiatan distribusi adalah kegiatan untuk menyalurkan barang/jasa dari produsen kepada konsumen. Selain pengertian tersebut distribusi juga merupakan usaha untuk menambah nilai guna barang atau jasa. Lembaga/orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

b.      Tujuan distribusi antara lain:
1.  Menyalurkan barang dari produsen kapada konsumen.
2.  Agar hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat.
3.  Kebutuhan masyarakat akan barang/jasa terpenuhi.
4.  Agar kontinuitas produksi terjamin.

c.       Tiga cara melakukan kegiatan distribusi:
1.  Distribusi langsung adalah distribusi barang/jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran langsung dari produsen kepada konsumen.Contoh: pedagang sate langsung menjual barang kepada konsumen.
2.  Distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contoh: pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui penyalur khusus.
3.  Distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara.

d.      Yang termasuk pedagang perantara antara lain:
1.  Pedagang besar adalah distributor yang membeli barang dalam jumlah besar langsung dari pabrik atau produsen dan menjualnya kepada pedagang kecil. Termasuk pedagang besar adalah grosir, eksportir, dan importir.
2.  Pedagang kecil adalah distributor yang membeli barang dalam jumlah tertentu dari pedagang besar dan menjualnya langsung ke konsumen secara eceran. Termasuk pedagang kecil yaitu pedagang asongan, pedagang kaki lima, warung, kios, dan minimarket.
3.  Agen adalah perantara yang berperan sebagai distributor barang tertentu atas nama perusahaan yang ditugaskan menyalurkan barang di wilayah tertentu.
4.  Komisioner adalah perantara yang mempertemukan penjual dengan pembeli atas nama dan tanggung jawab sendiri. Upah komisioner disebut komisi. Contoh salesman barang elektronik.
5.  Makelar adalah perantara yang mempertemukan penjual dengan pembeli atas nama orang lain atau perusahaan. Bonus yang diterima makelar disebut kurtasi/provisi.
2.      Materi Remedial.
Materi yang diprediksi sulit sesuai dengan pencapaian indikator, diulang melalui pembelajaran remedi, seperti pengertian kegiatan distribusi, tujuan distribusi, tiga cara melakukan kegiatan distribusi, dan pedagang perantara.
3.      Materi Pengayaan
Mencari tentang kegiatan distribusi dari sumber lain.
     a. Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan dan Model Pembelajaran
       Pendekatan                  :  Saintifik
       Model Pembelajaran   :  Problem Based Learning (PBL)

Posting Komentar